cara memainkan gitar

tips belajar memainkan gitar
Pertama-tama yang harus anda buang jauh dari pikiran anda adalah merasa sudah terlalu tua untuk mulai belajar, merasa tidak memiliki bakat musik, merasa sulit memahami segala macam partitur yang terlihat sangat rumit, dan berbagai alasan lain yang membuat anda mengurungkan niat. Faktanya, cara belajar gitar dengan cepat tidaklah serumit itu. Anda juga tidak memerlukan bakat yang luar biasa. Anda hanya membutuhkan waktu, karena pada dasarnya anda mengajari dan melatih jari-jari tangan untuk melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi anda hanya perlu membiasakan jari-jari anda untuk melakukan hal tersebut.

Cara Mudah Belajar Gitar

Saya akan mencoba memberikan panduan kepada anda bagaimana cara dapat memainkan sebuah lagu dengan baik menggunakan gitar hanya dalam waktu kurang dari 10 jam. Sebelumnya anda dapat mempelajari informasi dasar yang anda butuhkan untuk bermain gitar, seperti posisi dari 5 jari saat memegang gitar dan macam-macam kunci gitar (cukup kunci dasar dulu). Hal tadi hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit. Sisanya adalah waktu untuk melatih otot jari-jari anda memainkan bentuk-bentuk kord atau kunci-kunci gitar.
Berikut ini adalah penjabaran belajar gitar dalam 10 jam:
  • Membaca artikel ini dengan seksama, 0 – 30 menit
  • Menit 30 – menit 60, melatih jari-jari anda membentuk 5 kunci gitar dasar. Hal ini mungkin adalah yang paling sulit. Anda harus mengingat 5 kord dasar berikut dan dapat memainkannya diluar kepala hanya dalam waktu 30 menit. Jika ini sudah mahir, anda bisa menambah untuk menghapal bentuk kord-kord gitar lainnya.
  • Menit 60 – menit 600, ambil gitar anda dan berlatih setiap hari selama 30 menit atau lebih. Mainkan kunci-kunci gitar yang telah anda hapalkan dengan cara menggenjreng senar gitar. Rubah bentuk jari-jari anda dari kunci gitar yang satu ke kunci gitar yang lain. Jika anda sudah cukup mahir dan dapat dengan cepat merubah bentuk jari dari satu kord ke kord lainnya, maka sudah waktunya anda mulai mengikuti lagu-lagu sederhana.
posisi kord G pada gitar
Kunci G – jari telunjuk fret ke-2 senar ke-5, jari tengah fret ke-3 senar ke-6, jari manis fret ke-3 senar ke-1
posisi kord C pada gitar
Kunci C – jari manis fret ke-3 senar ke-5, jari tengah fret ke-2 senar ke-4, jari telunjuk fret ke-1 senar ke-2
posisi kord D pada gitar
Kunci D – jari manis fret ke-3 senar ke-2, jari tengah fret ke-2 senar ke-1, jari telunjuk fret ke-2 senar ke-3
posisi kord E-minor pada gitar
Kunci E minor – jari manis fret ke-2 senar ke-4, jari tengah fret ke-2 senar ke-5
posisi kord A-minor pada gitar
Kunci A minor – jari manis fret ke-2 senar ke-3, jari tengah fret ke-2 senar ke-4, jari telunjuk fret ke-1 senar ke-2
Jika sudah mahir dan dapat mengikuti lagu dengan cara menggenjreng senar gitar, maka anda dapat melanjutkannya dengan belajar memetik senar gitar. Ini akan melatih kepekaan anda semakin dalam, dan akan membuat anda semakin menikmati asiknya belajar bermain gitar.

Tips Belajar Teknik Bermain Gitar
  • Dibutuhkan waktu tambahan untuk memiliki sentuhan yang baik di jari tangan anda dalam memetik senar gitar (tentunya 10 jam belajar tidaklah cukup). Ini adalah masalah pengulangan. Semakin sering anda melakukannya, maka semakin luwes pula jari-jari dan pergelangan tangan anda dalam menyesuaikan. Pelajari teknik-teknik memetik gitar dan fokuskan untuk mendapatkan suara yang anda inginkan dari gitar anda.
  • Usahakan untuk selalu memencet senar gitar sedekat mungkin dengan fret. Hal ini dapat meminimalisir suara berdengung dan membuat suara kord gitar terdengar lebih jelas dan bersih.
  • Agar suara senar gitar terdengar tegas, anda harus menekan senar gitar dengan kuat. Hal ini akan terasa cukup menyulitkan dan ujung jari-jari anda akan terasa sakit pada awalnya, namun lama-kelamaan ini tidak akan mengganggu lagi. Fokuskan saja pikiran anda untuk mendapatkan suara gitar yang baik.
  • Jari-jari anda mungkin akan lecet dan bubul, atau pergelangan tangan akan terasa kram. Jangan khawatir! Ini hanya proses penyesuaian tahap-tahap awal ketika belajar memainkan gitar. Jika rutin berlatih, maka dalam 3 – 4 minggu kemudian anda tidak akan merasakannya lagi. Memainkan gitar akan menjadi sebuah kebiasaan yang membuat anda merasa nyaman dan senang

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s